Selasa, 30 Oktober 2012

soal ulangan akhir semester gasal bahasa indonesia 8


SOAL ULANGAN SEMESTER GASAL  BAHASA INDONESIA VIII
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia                            Hari/Tanggal   :
Kelas/Semester          : VIII/Gasal                                          Jam/Waktu     :                                                                      
I.    Pilihhlah jawaban yang paling tepat di antara a, b, c, atau d sesuai dengan pertanyaan dengan cara memberi  tanda silang (x) pada kolom lembar jawaban yang tersedia!
1.    Bacalah kutipan laporan berikut ini!
     Hari kedua, kami melihat makanan burung. Setiap burung mempunyai makanan sendiri-sendiri. Terlihat bahwa makanan yang diberikan oleh petugas sangat sesuai dengan makanan burung secara alami. Tampaknya para petugas sudah berpengalaman dalam hal itu.
Pertanyaan yang sesuai dengan kutipanan laporan tersebut adalah …
a.    Siapa yang memberi makan burung?                       c. Apa saja jenis makanan burung itu?
b.    Mengapa burung suka makan biji-bijian?                  d. Bagamana cara makan burung?

2.    Bacalah kutipan laporan berikut ini!
1. Di propinsi Bangka Belitung tersohir 3 durian legenda ,yaitu durian chumasi,sutra manis dan pledes.
2. ketiganya ,terutama durian chumasi,melegenda karena menjadi kesukaan bangsawan cina.
3. Harga durian chumasi melangit hingga Rp 200.000,00 perbuah.
4. Durian sutra manis istimewa karena kering,manis,dan berwarna jingga.
Tanggapan yang sesuai dengan isi laporan tersebut....
a. Laporan tersebut tidak menjelaskan bahwa durian pedes merupakan durian yang melegenda.
b. Buah durian yang terkenal dan propinsi Bangka Blitung adalah durian chuamsi,sutra manis,dan pedes.
c. Karena kelezatannya,durian chumasi di jual hingga RP 200.000,00 perbuah.
d. Durian sutra manis juga di gemari para pelancong yang datang ke propinsi Blangka Belitung.       
Kutipan laporan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
     Berangkat pada tanggal 4 Juli 2011 pukul 04.00 menuju Pantai Kartini. Tiba di Pantai Kartini pukul 09.00 dilanjutkan menyeberang ke Pulau Karimunjawa.
3.    Tanggapan yang sesuai untuk laporan tersebut adalah …
a.    Perjalanan itu pasti menyenangkan karena mereka bisa melihat-lihat pantai pada waktu pagi.
b.    Banyak pantai di Indonesia yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa.
c.    Pada suatu pagi, saya pun pernah berjalan-jalan ke pantai yang ada di tempat tinggalku.
d.    Pemerintah perlu menyediakan jembatan penyeberangan agar perjalanan itu lebih menyenangkan.
4.    Dalam laporan perjalanan, kutipan tersebut termasuk dalam bagian ….
a.    Tujan perjalanan                                                        c. Hasil-hasil yang diperoleh
b.    Proses perjalanan                                                      d. Waktu pelaksanaan perjalanan
5.    Pewawancara      : “Bagaimana perasaan Anda setelah terpilih menjadi siswa berprestasi?”
Narasumber         : “Saya senang dan bahagia”
Pewawancara      : “………………………………………………………”
Narasumber         : “Kenyataan memang demikian dan saya ingin tetap berprestasi dalam segala event”
Kalimat wawancara yang tepat berdasarkan kalimat jawaban di atas adalah ….
a.    “Apakah Anda melakukan persiapan khusus saat itu?”
b.    “Bagaiman Anda mengatur waktu dalam kegiatan itu?”
c.    “Apakah Anda merasa menjadi yang terbaik saat itu?”
d.    “Apakah harapan Anda kepada pemerintah saat ini?”
6.    Seorang siswa MTs ingin berwawancara dengan ketua RT tentang lingkungan.
Berdasarkan ilustrasi tersebut penggunaan kata sapaan dalam wawancara yang tepat adalah ….
a.    Apa yang harus kamu lakukan selaku ketua RT dalam menangani masalah lingkungan?
b.    Apa, sih, tugas pak RT dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat di wilayah ini?
c.    Menurutmu, apa yang seharusnya dilakukan warga agar tercipta lingkingan yang bersih dan sehat?
d.   Menurut Bapak, upaya apakah yang harus dilakukan bila menjumpai warga yang kurang sadar akan pentingnya lingkungan?
7.    1. Tema perjalanan
2. Proses perjalanan
3. Tujuan yang diharapkan
4. Hasil-hasil yang diperoleh
5. Waktu pelaksanaan perjalanan
6. Peserta yang mengikuti kegiatan
Susunan yang benar untuk menyampaikan laporan perjalanan adalah …

a.    1-3-4-6-2-5                                                                 c. 3-1-5-6-4-2
b.    1-5-3-6-2-4                                                                 d. 3-2-1-5-4-6
8.    Kegiatan ini bertujuan membentuk watak dan kepribadian siswa serta meningkatkan kreativitas, meningkatkan  rasa percaya diri, tanggung jawab, dan disiplin.
Pernyataan tersebut merupakan kutipan laporan perjalanan bagian ….
a.    Pendahuluan                                                              c. isi
b.    Uraian                                                                                    d. Penutup

Paragraf berikut digunakan untuk menjawab soal No. 9-11 !
     Secara umum, kondisi kamtibmas cukup terkendali. Karena itu, tidak ada alasan untuk panik dan bersikap ekstrem. Sebaliknya, kesadaran dan kepekaan masyarakat terhadap kamtibmas, terutama terhadap gangguan kamtibmas, begitu tinggi. Hal itu bisa diukur dari reaksi dan tanggapan warga masyarakat yang menelepon dan mengirimkan surat pembaca.
9.    Kata penting atau kata kunci yang ada dalam paragraf tersebut adalah ….
a.    kamtibmas                                                                 c. gangguan
b.    kesadaran                                                                  d. tanggapan
10.  Pikiran utama paragraf tersebut adalah ….
a.    kondisi kamtibmas terkendali                                    c. kesadaran masyarakat tinggi
b.    tidak ada alasan untuk panik                                     d. reaksi dan tanggapan masyarakat
11.  Kesimpulan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah …
a.   Masyarakat perlu ditingkatkan kesadarannya terhadap masalah kamtibmas agar kondisi lebih terkendali.
b.   Reaksi dan tanggapan warga masyarakat sudah lebih baik daripada sebelumnya.
c.   Kamtibmas sudah lebih baik oleh karena itu kesadaran masyarakat pun harus lebih baik lagi.
d.   Kondisi kamtibmas cukup terkendali, sedangkan kesadaran serta kepekaan masyarakat begitu tinggi.
12.  Arah utara dalam denah biasanya ditujukkan dengan posisi gambar ….
a.  Kanan                                                                          c. bawah
b.  kiri                                                                               d. atas                                    















Rumah Sakit



Jl. Perhubungan


Jln. Beringin Raya
Jl. Pandan Raya



U









Jl. Betet Raya


Jl. Karet Raya
Kantor POS




Kantor Telkom







Kanto Polisi











13.  Berdasarkan denah tersebut, jarak terdekat menuju Kantor Polisi jika kita berangkat dari Kantor Telkom adalah melewati ….
a.    Jl. Betet Raya – Jl. Beringin Raya – Jl. Karet Raya
b.    Jl. Betet Raya – Jl. Pandan Raya – Jl. Karet Raya
c.    Jl. Beringin Raya – Jl. Perhubungan – Jl. Pandan Raya
d.    Jl. Betet Raya – Jl. Perhubungan – Jl. Karet Raya











Jl. Maron

Jl. Saleh
Rumah Ana


RS



















U
Jl. Umar
MTs. An Nur


























14.  Untuk menuju ke Sekolah dari rumah Ana menuju ke arah ....
a.    Utara, barat                                                                c. Selatan, timur
b.    Utara, timur                                                                d. Selatan, barat

15.  Seorang siswa dapat membaca sebuah teks yang berjumlah 200 kata. Ia berhasil membaca dalam waktu 60 detik. Berapa kemampuan baca siswa tersebut?
a.    230 kata per menit                                                     c. 240 kata per menit
b.    200 kata pe rmenit                                                     d. 220 kata per menit
16. 1) Yani Puspitasari            4) Yanti Syahrini
2) Yanna Amanah            5) Yanto Purnomo
3) Yudhistira                     6) Yanu Andri
Urutan nama-nama di atas dalam daftar pelanggan telepon adalah ….
a.    1 – 4 – 5 - 6 – 3 – 2                                                    c. 1 – 4 – 6 – 5 -2 – 3
b.    1 – 2  4 – 5 – 6 – 3                                                  d. 4 – 1 – 5 – 6 – 2 – 3
17.  Bacalah paragraf berikut!
                 Peristiwa besar tidak pernah berhenti di negara kita. Gempa di Sumatera Barat berganti dengan kasus Bank Century. Kehebohan tentang bank yang konon melibatkan pejabat teras negeri ini masih bergulir, disusul pula dengan kasus Prita Mulyasari. Lalu, bangsa kita dirundung duka. K. H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang meninggalkan kita ketika bangsa ini dikepung beragam persoalan yang pelik. Oleh karena itu, sudah saatnya kita merenung dan kembali pada ajaranNya.
Simpulan paragraf tersebut adalah …
a.    Bangsa kita tidak pernah berhenti dari persoalan besar sehingga kita perlu merenung dan             kembali pada ajaranNya.
b.    Berbagai peristiwa besar mewarnai kehidupan bangsa kita seperti gempa, kasus bank, kasus Prita Mulyasari hingga wafatnya Gus Dur.
c.    Berbagai peristiwa duka menimpa bangsa kita, kini saatnya kita merenung dan kembali pada ajaranNya.
d.    Peristiwa duka tidak pernah berhenti menimpa bangsa kita dari gempa hingga Gus Dur wafat.

18.  Isi laporan yang disajikan menurut urutan waktu adalah …
a.    Candi Umbul atau sering disebut Candi Roto adalah salah satu candi yang berada di Magelang. Berbeda dengan candi lain, Candi Umbul membentuk pemandian. Dahulu pemandian ini sering digunakan oleh para Raja Mataram kuno. Menurut sejarah, Candi Umbul dibangun oleh Raja Syailendra IV pada tahun 1870.
b.    Beberapa orang terlihat duduk-duduk di bangku batu, dinaungi rindangnya pepohonan di sebelah timur. Beberapa orang tampak berdiri berpegangan di penyangga besi. Dari tempat saya berdiri tampak orang sedang mencari ikan, petani sedang membajak sawah, dan sapi-sapi merumput.
c.    Mula-mula para kepala desa dan perangkatnya menempatkan diri di tempat upacara. Setelah itu tiba di tempat upacara adalah para camat dan jajarannya, kemudian berturut-turut masuk ke tempat upacara para pejabat sekwilda dan para tamu undangan lainnya. Akhirnya pukul 10.00 tepat pejabat bersama gubernur hadir pada upacara pagi itu.
d.    Kegiatan lomba dilakukan secara berkelompok. Tiap kelompok terdiri atas lima orang. Regu saya menjuarai lomba mengisi tabung berlubang. Suasananya sangat meriah. Saat permainan melihat samudera di atas kawat banyak orang gagal melintas.
 
19.  Bacalah kutipan laporan berikut ini!
     Aku bersekolah di MTs Nurul Islam dan teman-temanku Andi, Toni, Rina, dan Agus bersekolah di MTs At-Taqwa. Dies Natalis sekolahku pada bulan April dan Dies Natalis MTs At-Taqwa pada bulan November. Sementara itu, temanku Bambang sejak lulus MI, mengikuti orang tuanya di Bogor, tetapi hubungan kami tetap berlanjut lewat surat. Baru seminggu ini dia berkirim surat kepadaku. Dalam suratnya, Bambang menanyakan kabarku beserta keluargaku. Bambang juga menceritakan kalau ayahnya sekarang menjadi Kepala Dinas Tenaga Kerja di Bogor. Ayahnya mendapat mobil dinas.
      Laporan di atas kurang lengkap. Ada pun kekuranglengkapan laporan tersebut terletak pada …
a.    Nama-nama temannya dulu tidak disebutkan satu per satu.
b.    Tempat aku dan teman-temanku bersekolah ketika di MI.
c.    Letak sekolah Bambang.
d.    Alamat rumah Bambang. 
20.  Perhatkan bagan surat berikut ini!


 


















      Bagian surat nomor 1 dan 3 adalah bagian …
a.    Kepala surat dan tanggal surat                                              c. Kepala surat dan salam pembuka
b.    Kepala surat dan nomor, halaman, lampiran                        d. Kepala surat dan alamat tujuan surat
21.  Penulisan alamat surat berikut ini yang benar adalah …
a.    Kepada: Yth. Bapak Kepala Bagian Administrasi
           PT. Maju Mundur
             JL. Diponegoro 3 – Batang
b.    Kepada
            Yth. Kepala Bagian Administrasi
            PT Maju Mundur
           Jalan Diponegoro : 3
           Batang
c.     Yth. Bapak Kepala Bagian Administrasi
             PT. Maju Mundur
            Jln Diponegoro 3
            Batang
d.    Yth. Kepala Bagian Administrasi
            PT Maju Mundur
           Jalan Diponegoro 3
           Batang
22.  Petunjuk melakukan wawancara:
1)    Menghubungi narasumber
2)    Menentukan topik
3)    Mencatat pokok-pokok jawaban hasil wawancara
4)    Melakukan wawancara
5)    Membuat daftar pertanyaan
      Urutan petunjuk melakukan wawancara yang benar adalah ...
a.    (2),(5), (1), (4), (3)                                                    c. (1), (2), (3), (4), (5)
b.    (1), (3), (4), (5), (2)                                                   d. (2), (5), (3), (1), (4)
23.   (1) Cucilah tangan anda dengan air dan sabun.           
 (2)  Pastikan kondisi ujung botol tetes tidak rusak.
 (3)  Tutup mata selama 2-3 menit. Bersihkan cairan berlebih pada wajah dengan menggunakan tisu.
       (4)  Pegang botol tetes dengan menggunakan tangan yang lainnya sedekat mungkin dengan kelopak mata   tanpa menyentuhnya. Tekan botol tetes secara perlahan sampai jumlah tetes cairan yang dibutuhkan masuk ke dalam kantung kelopak bawah mata. Jangan mengedip 
      (5)   Jangan menyeka atau membilas ujung botol tetes. Pasang kembali tutup botol tetes mata dengan rapat.
      (6)   Cucilah tangan anda dengan air dan sabun untuk membersihkan sisa obat yang mungkin menempel
(7)  Condongkan kepala ke belakang, tarik kelopak bawah mata menggunakan jari telunjuk sehingga kelopak mata membentuk kantung.
              Urutan menggunakan obat tetes mata yang tepat adalah ...
a.    (1),(7), (2), (3), (4), (5), (6)                                       c. (1), (2), (7), (4), (3), (5),(6)
b.    (4), (1), (3), (7), (2), (6), (5)                                      d. (4), (1), (3), (2),(7), (5), (6)

24.   0-1 tahun :1/2 sendok takar (2,5 ml)
1-2 tahun : 1 sendok takar (5 ml)
2-6 tahun : 1-2 sendok takar (5-10 ml)
Petunjuk di atas merupakan petunjuk pemakaian obat berbentuk …
a. tablet                                                                            c. pil
b. kapsul                                                                           d. sirup
25.  Gerakan atau percakapan spontanitas yang dilakukan oleh pemain dalan drama disebut…
       a. sosialisasi                                                                     c. kreasi
       b. assosiasi                                                                       d. improvisasi
26.  Di batas desa yang rindang, Dinda berhenti sebentar. Dia ikuti jalan setapak dengan pandangnya, mula-mula turun kemudian naik, mendaki lereng sebuah bukit penuh tegalan singkong. Dinda memandang ke langit biru dengan koyakan mega putih. Kemudian, kacamata Ray Ban dia pakai dan pemandangan jadi sejuk seperti suasana dusun di belakangnya.
       Dalam naskah drama uraian diatas merupakan bagian dari …
a.    Prolog                                                                         c. Epilog
b.    Monolog                                                                     d. Dialog
27. Dalam istilah drama, pelaku yang menentang pelaku utama disebut …
a. Figuran                                                                         c. Pembantu
b. Antagonis                                                                     d. Protagonis
28. Praja           : (muncul mendekati Ningrum) Ada apa Rum? Kenapa kamu melamun begitu?
       Ningrum     : (tersentak) Ah, tidak apa-apa. Aku hanya ingin menenangkan diri.
Praja           : Dengan memandangi rumput – rumput yang bergoyang itu? matahari pun mulai senja, ayo pulang saja lah!
Ningrum     : Tidak, Praj. Aku masih ingin memandangi bunga-bunga itu, mencium harum yang ditebarkannya.
       Latar waktu dan tempat dalam dialog diatas adalah ...
a.    Siang hari di lapangan                                               c. sore hari di gunung
b.    Sore hari di taman                                                     d. pagi hari di kebun

     Kutipan teks drama dibawah ini digunakan untuk menjawab soal no 29 dan 30!
Janthil             : “Tapi kita kan bandel-bandel Pakde. Apa Pakde tidak bosan menghadapi keonaran kita?”
Kemprut          : “Eh enak saja kamu bilang, Thil. Kamu itu yang suka bikin onar. Aku itu kan onarnya alami. Dalam sehari tidak mungkin kalian tidak kentut. Coba, kalau kalian tiba-tiba susah kentut? Pasti masalahnya makin runyam. Kemarin aku baca di surat kabar,gara-gara tidak bisa kentut dalam seminggu, akhirnya dirawat di rumah sakit. Makanya, kentut itu anugrah. Jadi wajib dipelihara baik-baik.”
Anak -anak       : “Pprrreeeeetttt.........prut tupruut tuprut tupruttt........prreetttt......”
Pakde Kempul : “(tertawa) sudah, sudah. Tidak usah bertengkar. Justru kenakalan wajar kalian itu, hiburan bagi Pakde. Tanpa kalian, Pakde sepi. Terkadang dikala suntuk godaan untuk kembali mangkal di jalanan selalu menghantui. Pakde tepis bayangan buruk itu. Pakde munculkan wajah-wajah kacau kalian. Akhirnya Pakde bisa tidur nyenyak.
29. Berdasarkan dialog diatas, karakter Pakde Kempul adalah ...
a. pemarah                                                           c. suka mangkal
b. humoris                                                            d. bijaksana

30. Improvisasi gerakan yang dapat dilakukan tokoh Kemprut pada dialognya adalah ...
a. merangkul Janthil                                            c. menepuk pundak Pakde
b. menepuk bahu Janthil                                     d. membuka pintu

. Aris                : Tolooooooong ... Ada yang mau jahat kepada saya!
     Orang-orang          : Mana ... mana orangnya?
     Dodi                        : Ayo, kita hajar biar kapok?
     Budi                        : Jangan ... Jangan! Kita tidak boleh main hakim sendiri.
Bukti watak bijaksana Budi dalam kutipan drama tersebut adalah ...
a.    Dia mau membantu orang yang berbuat jahat
b.    Dia memberitahukan orang yang berbuat jahat
c.    Dia mengingatkan orang-orang untuk tidak main hakim sendiri
d.    Dia mengajak orang-orang untuk menghajar perampok
32. Roni                       : Hei ..............................! Sony sudah datang!
      Fajar                      : Mana? Aku tidak melihatnya.
Lengkapi bagian yang rumpang pada dialog diatas!
a.    jangan berisik                                                  c. tengok
b.    tenang                                                             d. lihat
33. Gadis                     : Aku tidak mengemis nyawa pada Tuan!
      Van Dikk               : Akan kita lihat nanti ...
     Ibu                          :Tidak! Tidak! Biarkan aku pulang. Demi kemanusiaan. Aku punya anak dua, masih                                 kecil-kecil. Mereka terkunci. Jika harus mati untuk mereka, aku akan menerima dengan                          senang hati.
Tema penggalan drama tersebut adalah ...
a.    Kekejaman seseorang kepada orang yang lemah
b.    Tanggung jawab seorang ibu terhadap anak-anaknya yang masih kecil
c.    Seorang anak yang mementingkan diri sendiri
d.    Pemimpin yang berbuat sewenang-wenag kepada bawahannya
34. Tokoh Shanti : seorang pelajar MTs, berkulit sawo matang, bermata lebar, berambut lurus sebahu, berbadan langsing, tetapi pendek.
Deskripsi tokoh tersebut menggambarkan keadaan ...
a.    Psikis                                                               c. Fisik
b.    Sosial                                                              d. Mental
35. Ani             : (menghampiri Rani) Mengapa di tempat gelap ini kamu duduk sendirian?
      Rani           : Saya tidak bisa tidur, ingat kepada Ibu dirumah
Ekspresi yang menyertai perkataan tokoh Rani adalah ...
a.    Ratapan                                                          c. Kejengkelan
b.    Kesedihan                                                       d. Kemarahan

36. Novel remaja menceritakan ...
a.    Liku-liku kehidupan remaja pada umumnya
b.    Liku-liku kehidupan manusia pada umumnya
c.    Kehidupan masyarakat secara umum
d.    Liku-liku kehidupan nyata sehari-hari
37. Sinopsis novel berisi ...
a.    Sebagian isi novel                                           c. Ringkasan isi novel
b.    Watak tokoh dalam novel                               d. Alur cerita dalam novel
Kutipan teks drama berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 38-40!
Dirgo                                       : “Waduh, kenapa orang ini? Han?”
Rido                                         : “Jangan banya k tanya dulu. Kita angkat ke tempat teduh.” (Dirgo dan Rido berusaha mengangkat leleki tua itu, membawanya ke tepi jalan)
Dirgo                                       : “Orang ini pasti sakit, Han”
Rido                                         : “Ya, jelas sakit. Sudah jelas begitu masih ngomong ini.”(lelaki itu tiba-tiba merintih. Dirgo memberikan sebotol air minum yang selalu dibawanya. Lelaki itu meminumnya)
38. Watak Rido dalam kutipan drama di atas adalah ...
a. penolong                                                          c. pendendam
b. penuh perhatian                                               d. pemarah
39. Latar tempat dalam kutipan teks drama tersebut adalah ...
a.    rumah sakit                                                     c. pinggir jalan
b.    sekolah                                                            d. jembatan
40. Amanat kutipan drama tersebut di atas adalah ...
a.    kita harus saling memberi antar manusia
b.    kita harus menolong orang yang membutuhkan pertolongan
c.    kita harus bersikap baik terhadap orang lain
d.                kita harus bersikap ramah terhadap orang lain








II   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
41. Buatlah sebuah laporan perjalanan yang pernah kalian lakukan!
42. Tuliskan sistematika laporan!
43. Sebutkan sistematika penulisan surat resmi!
44. Buatlah petunjuk cara pembuatan nasi goreng!
45. Sebutkan unsur-unsur intrinsik teks drama!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

borobudur

borobudur