SOAL
ULANGAN SEMESTER GASAL BAHASA INDONESIA
VIII
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Hari/Tanggal :
Kelas/Semester : VIII/Gasal Jam/Waktu :
I.
Pilihhlah
jawaban yang paling tepat di antara a, b, c, atau d sesuai dengan pertanyaan
dengan cara memberi tanda silang (x)
pada kolom lembar jawaban yang tersedia!
1.
Bacalah
kutipan laporan berikut ini!
Hari kedua, kami melihat makanan burung.
Setiap burung mempunyai makanan sendiri-sendiri. Terlihat bahwa makanan yang
diberikan oleh petugas sangat sesuai dengan makanan burung secara alami.
Tampaknya para petugas sudah berpengalaman dalam hal itu.
Pertanyaan
yang sesuai dengan kutipanan laporan tersebut adalah …
a.
Siapa
yang memberi makan burung? c.
Apa saja jenis makanan burung itu?
b.
Mengapa
burung suka makan biji-bijian? d.
Bagamana cara makan burung?
2.
Bacalah
kutipan laporan berikut ini!
1. Di propinsi Bangka Belitung tersohir 3 durian legenda
,yaitu durian chumasi,sutra manis dan pledes.
2. ketiganya ,terutama durian chumasi,melegenda karena
menjadi kesukaan bangsawan cina.
3. Harga durian chumasi melangit hingga Rp 200.000,00
perbuah.
4. Durian sutra manis istimewa karena kering,manis,dan
berwarna jingga.
Tanggapan yang sesuai dengan isi laporan tersebut....
a.
Laporan tersebut tidak menjelaskan bahwa durian pedes merupakan durian yang
melegenda.
b. Buah durian yang terkenal dan propinsi Bangka Blitung
adalah durian chuamsi,sutra manis,dan pedes.
c. Karena kelezatannya,durian chumasi di jual hingga RP
200.000,00 perbuah.
d. Durian sutra manis juga di gemari para pelancong yang
datang ke propinsi Blangka Belitung.
Kutipan
laporan berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 3 dan 4!
Berangkat pada tanggal 4 Juli 2011 pukul
04.00 menuju Pantai Kartini. Tiba di Pantai Kartini pukul 09.00 dilanjutkan
menyeberang ke Pulau Karimunjawa.
3.
Tanggapan
yang sesuai untuk laporan tersebut adalah …
a.
Perjalanan
itu pasti menyenangkan karena mereka bisa melihat-lihat pantai pada waktu pagi.
b.
Banyak
pantai di Indonesia yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa.
c.
Pada
suatu pagi, saya pun pernah berjalan-jalan ke pantai yang ada di tempat
tinggalku.
d.
Pemerintah
perlu menyediakan jembatan penyeberangan agar perjalanan itu lebih
menyenangkan.
4.
Dalam
laporan perjalanan, kutipan tersebut termasuk dalam bagian ….
a.
Tujan
perjalanan c. Hasil-hasil yang diperoleh
b.
Proses
perjalanan d. Waktu pelaksanaan
perjalanan
5.
Pewawancara : “Bagaimana perasaan Anda setelah
terpilih menjadi siswa berprestasi?”
Narasumber : “Saya senang dan bahagia”
Pewawancara : “………………………………………………………”
Narasumber : “Kenyataan memang demikian dan saya
ingin tetap berprestasi dalam segala event”
Kalimat
wawancara yang tepat berdasarkan kalimat jawaban di atas adalah ….
a.
“Apakah
Anda melakukan persiapan khusus saat itu?”
b.
“Bagaiman
Anda mengatur waktu dalam kegiatan itu?”
c.
“Apakah
Anda merasa menjadi yang terbaik saat itu?”
d.
“Apakah
harapan Anda kepada pemerintah saat ini?”
6.
Seorang
siswa MTs ingin berwawancara dengan ketua RT tentang lingkungan.
Berdasarkan
ilustrasi tersebut penggunaan kata sapaan dalam wawancara yang tepat adalah ….
a.
Apa
yang harus kamu lakukan selaku ketua RT dalam menangani masalah lingkungan?
b.
Apa,
sih, tugas pak RT dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat di wilayah ini?
c.
Menurutmu,
apa yang seharusnya dilakukan warga agar tercipta lingkingan yang bersih dan
sehat?
d.
Menurut
Bapak, upaya apakah yang harus dilakukan bila menjumpai warga yang kurang sadar
akan pentingnya lingkungan?
7.
1.
Tema perjalanan
2.
Proses perjalanan
3.
Tujuan yang diharapkan
4.
Hasil-hasil yang diperoleh
5.
Waktu pelaksanaan perjalanan
6.
Peserta yang mengikuti kegiatan
Susunan
yang benar untuk menyampaikan laporan perjalanan adalah …
a.
1-3-4-6-2-5 c. 3-1-5-6-4-2
b.
1-5-3-6-2-4 d. 3-2-1-5-4-6
8.
Kegiatan
ini bertujuan membentuk watak dan kepribadian siswa serta meningkatkan
kreativitas, meningkatkan rasa percaya
diri, tanggung jawab, dan disiplin.
Pernyataan
tersebut merupakan kutipan laporan perjalanan bagian ….
a.
Pendahuluan c. isi
b.
Uraian d. Penutup
Paragraf
berikut digunakan untuk menjawab soal No. 9-11 !
Secara umum, kondisi kamtibmas cukup
terkendali. Karena itu, tidak ada alasan untuk panik dan bersikap ekstrem.
Sebaliknya, kesadaran dan kepekaan masyarakat terhadap kamtibmas, terutama
terhadap gangguan kamtibmas, begitu tinggi. Hal itu bisa diukur dari reaksi dan
tanggapan warga masyarakat yang menelepon dan mengirimkan surat pembaca.
9.
Kata
penting atau kata kunci yang ada dalam paragraf tersebut adalah ….
a.
kamtibmas c. gangguan
b.
kesadaran d. tanggapan
10. Pikiran utama paragraf tersebut adalah
….
a.
kondisi
kamtibmas terkendali c.
kesadaran masyarakat tinggi
b.
tidak
ada alasan untuk panik d. reaksi dan tanggapan masyarakat
11. Kesimpulan yang sesuai dengan isi
paragraf tersebut adalah …
a.
Masyarakat
perlu ditingkatkan kesadarannya terhadap masalah kamtibmas agar kondisi lebih
terkendali.
b.
Reaksi
dan tanggapan warga masyarakat sudah lebih baik daripada sebelumnya.
c.
Kamtibmas
sudah lebih baik oleh karena itu kesadaran masyarakat pun harus lebih baik
lagi.
d.
Kondisi
kamtibmas cukup terkendali, sedangkan kesadaran serta kepekaan masyarakat
begitu tinggi.
12. Arah utara dalam denah biasanya
ditujukkan dengan posisi gambar ….
a.
Kanan c. bawah
b. kiri d. atas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumah Sakit
|
|
|
|||
|
Jl. Perhubungan
|
Jln. Beringin Raya
|
Jl. Pandan Raya
|
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|||
|
|
Jl. Betet Raya
|
|
|
Jl. Karet Raya
|
Kantor POS
|
|
|
|
|
|
Kantor Telkom
|
|
|
|
||||
|
|
|
Kanto Polisi
|
|
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13. Berdasarkan denah tersebut, jarak
terdekat menuju Kantor Polisi jika kita berangkat dari Kantor Telkom adalah
melewati ….
a.
Jl.
Betet Raya – Jl. Beringin Raya – Jl. Karet Raya
b.
Jl.
Betet Raya – Jl. Pandan Raya – Jl. Karet Raya
c.
Jl.
Beringin Raya – Jl. Perhubungan – Jl. Pandan Raya
d.
Jl.
Betet Raya – Jl. Perhubungan – Jl. Karet Raya
|
|
Jl. Maron
|
|
Jl. Saleh
|
Rumah Ana
|
|
|
RS
|
|
|
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||
U
|
Jl. Umar
|
MTs. An Nur
|
|
|
|
||
|
|
||||||
|
|
||||||
|
14. Untuk menuju ke Sekolah dari rumah Ana
menuju ke arah ....
a.
Utara,
barat c. Selatan, timur
b.
Utara,
timur d. Selatan, barat
15. Seorang siswa dapat membaca sebuah
teks yang berjumlah 200 kata. Ia berhasil membaca dalam waktu 60 detik. Berapa
kemampuan baca siswa tersebut?
a.
230
kata per menit c. 240 kata per menit
b.
200
kata pe rmenit d. 220 kata per menit
16. 1)
Yani Puspitasari 4) Yanti Syahrini
2)
Yanna Amanah 5) Yanto Purnomo
3)
Yudhistira 6) Yanu Andri
Urutan
nama-nama di atas dalam daftar pelanggan telepon adalah ….
a.
1
– 4 – 5 - 6 – 3 – 2 c. 1 – 4 – 6 – 5 -2 – 3
b.
1
– 2 – 4 – 5 – 6 – 3 d.
4 – 1 – 5 – 6 – 2 – 3
17.
Bacalah
paragraf berikut!
Peristiwa besar tidak pernah
berhenti di negara kita. Gempa di Sumatera Barat berganti dengan kasus Bank
Century. Kehebohan tentang bank yang konon melibatkan pejabat teras negeri ini
masih bergulir, disusul pula dengan kasus Prita Mulyasari. Lalu, bangsa kita
dirundung duka. K. H. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang meninggalkan kita
ketika bangsa ini dikepung beragam persoalan yang pelik. Oleh karena itu, sudah
saatnya kita merenung dan kembali pada ajaranNya.
Simpulan paragraf
tersebut adalah …
a.
Bangsa
kita tidak pernah berhenti dari persoalan besar sehingga kita perlu merenung
dan kembali pada ajaranNya.
b.
Berbagai
peristiwa besar mewarnai kehidupan bangsa kita seperti gempa, kasus bank, kasus
Prita Mulyasari hingga wafatnya Gus Dur.
c.
Berbagai
peristiwa duka menimpa bangsa kita, kini saatnya kita merenung dan kembali pada
ajaranNya.
d.
Peristiwa
duka tidak pernah berhenti menimpa bangsa kita dari gempa hingga Gus Dur wafat.
18.
Isi
laporan yang disajikan menurut urutan waktu adalah …
a.
Candi
Umbul atau sering disebut Candi Roto adalah salah satu candi yang berada di
Magelang. Berbeda dengan candi lain, Candi Umbul membentuk pemandian. Dahulu
pemandian ini sering digunakan oleh para Raja Mataram kuno. Menurut sejarah,
Candi Umbul dibangun oleh Raja Syailendra IV pada tahun 1870.
b.
Beberapa
orang terlihat duduk-duduk di bangku batu, dinaungi rindangnya pepohonan di
sebelah timur. Beberapa orang tampak berdiri berpegangan di penyangga besi.
Dari tempat saya berdiri tampak orang sedang mencari ikan, petani sedang
membajak sawah, dan sapi-sapi merumput.
c.
Mula-mula
para kepala desa dan perangkatnya menempatkan diri di tempat upacara. Setelah
itu tiba di tempat upacara adalah para camat dan jajarannya, kemudian
berturut-turut masuk ke tempat upacara para pejabat sekwilda dan para tamu
undangan lainnya. Akhirnya pukul 10.00 tepat pejabat bersama gubernur hadir
pada upacara pagi itu.
d.
Kegiatan
lomba dilakukan secara berkelompok. Tiap kelompok terdiri atas lima orang. Regu
saya menjuarai lomba mengisi tabung berlubang. Suasananya sangat meriah. Saat
permainan melihat samudera di atas kawat banyak orang gagal melintas.
19.
Bacalah
kutipan laporan berikut ini!
Aku bersekolah di MTs Nurul Islam dan teman-temanku
Andi, Toni, Rina, dan Agus bersekolah di MTs At-Taqwa. Dies Natalis sekolahku
pada bulan April dan Dies Natalis MTs At-Taqwa pada bulan November. Sementara
itu, temanku Bambang sejak lulus MI, mengikuti orang tuanya di Bogor, tetapi
hubungan kami tetap berlanjut lewat surat. Baru seminggu ini dia berkirim surat
kepadaku. Dalam suratnya, Bambang menanyakan kabarku beserta keluargaku.
Bambang juga menceritakan kalau ayahnya sekarang menjadi Kepala Dinas Tenaga
Kerja di Bogor. Ayahnya mendapat mobil dinas.
Laporan di atas kurang lengkap. Ada pun
kekuranglengkapan laporan tersebut terletak pada …
a.
Nama-nama
temannya dulu tidak disebutkan satu per satu.
b.
Tempat
aku dan teman-temanku bersekolah ketika di MI.
c.
Letak
sekolah Bambang.
d.
Alamat
rumah Bambang.
20.
Perhatkan
bagan surat berikut ini!
Bagian surat nomor 1 dan 3
adalah bagian …
a.
Kepala
surat dan tanggal surat c. Kepala surat dan salam
pembuka
b.
Kepala
surat dan nomor, halaman, lampiran d.
Kepala surat dan alamat tujuan surat
21.
Penulisan
alamat surat berikut ini yang benar adalah …
a.
Kepada:
Yth. Bapak Kepala Bagian Administrasi
PT.
Maju Mundur
JL. Diponegoro 3 – Batang
b.
Kepada
Yth. Kepala Bagian Administrasi
PT Maju Mundur
Jalan
Diponegoro : 3
Batang
c.
Yth. Bapak Kepala Bagian Administrasi
PT. Maju Mundur
Jln Diponegoro 3
Batang
d.
Yth.
Kepala Bagian Administrasi
PT Maju Mundur
Jalan
Diponegoro 3
Batang
22.
Petunjuk
melakukan wawancara:
1)
Menghubungi
narasumber
2)
Menentukan
topik
3)
Mencatat
pokok-pokok jawaban hasil wawancara
4)
Melakukan
wawancara
5)
Membuat daftar
pertanyaan
Urutan petunjuk melakukan wawancara yang
benar adalah ...
a.
(2),(5),
(1), (4), (3) c. (1), (2), (3), (4), (5)
b.
(1),
(3), (4), (5), (2) d. (2), (5),
(3), (1), (4)
23.
(1) Cucilah tangan anda dengan air dan sabun.
(2) Pastikan kondisi
ujung botol tetes tidak rusak.
(3) Tutup mata selama 2-3
menit. Bersihkan cairan berlebih pada wajah dengan menggunakan tisu.
(4) Pegang botol tetes dengan menggunakan
tangan yang lainnya sedekat mungkin dengan kelopak mata tanpa menyentuhnya. Tekan botol tetes secara
perlahan sampai jumlah tetes cairan yang dibutuhkan masuk ke dalam kantung
kelopak bawah mata. Jangan mengedip
(5)
Jangan
menyeka atau membilas ujung botol tetes. Pasang kembali tutup
botol tetes mata dengan rapat.
(6) Cucilah tangan anda dengan air dan
sabun untuk membersihkan sisa obat yang mungkin menempel
(7) Condongkan kepala ke belakang, tarik
kelopak bawah mata menggunakan jari telunjuk sehingga kelopak mata membentuk
kantung.
Urutan menggunakan obat
tetes mata yang tepat adalah ...
a.
(1),(7),
(2), (3), (4), (5), (6) c. (1),
(2), (7),
(4),
(3), (5),(6)
b.
(4),
(1), (3), (7), (2), (6), (5) d. (4), (1), (3), (2),(7),
(5), (6)
24.
0-1
tahun :1/2 sendok takar (2,5 ml)
1-2 tahun : 1 sendok takar (5 ml)
2-6 tahun : 1-2 sendok takar (5-10 ml)
Petunjuk di atas merupakan petunjuk pemakaian
obat berbentuk …
a. tablet c. pil
b.
kapsul d. sirup
25. Gerakan
atau percakapan spontanitas yang dilakukan oleh pemain dalan drama disebut…
a.
sosialisasi c. kreasi
b.
assosiasi d. improvisasi
26. Di batas desa yang rindang, Dinda berhenti
sebentar. Dia ikuti jalan setapak dengan pandangnya, mula-mula turun kemudian
naik, mendaki lereng sebuah bukit penuh tegalan singkong. Dinda memandang ke
langit biru dengan koyakan mega putih. Kemudian, kacamata Ray Ban dia pakai dan pemandangan jadi sejuk seperti suasana dusun
di belakangnya.
Dalam
naskah drama uraian diatas merupakan bagian dari …
a.
Prolog c. Epilog
b.
Monolog d. Dialog
27. Dalam istilah drama, pelaku yang menentang pelaku utama disebut …
a.
Figuran c.
Pembantu
b.
Antagonis d. Protagonis
28. Praja
: (muncul
mendekati Ningrum)
Ada apa Rum? Kenapa kamu melamun begitu?
Ningrum : (tersentak) Ah, tidak apa-apa. Aku hanya
ingin menenangkan diri.
Praja : Dengan memandangi rumput – rumput
yang bergoyang itu? matahari pun mulai senja, ayo pulang saja lah!
Ningrum : Tidak, Praj. Aku masih ingin memandangi
bunga-bunga itu, mencium harum yang ditebarkannya.
Latar
waktu dan tempat dalam
dialog diatas adalah ...
a.
Siang hari di lapangan c. sore hari
di gunung
b.
Sore hari di taman d.
pagi hari di kebun
Kutipan teks drama dibawah ini digunakan
untuk menjawab soal no 29 dan 30!
Janthil : “Tapi kita kan bandel-bandel Pakde. Apa Pakde tidak bosan
menghadapi keonaran kita?”
Kemprut :
“Eh enak saja kamu bilang, Thil. Kamu itu yang suka bikin onar. Aku itu kan
onarnya alami. Dalam sehari tidak mungkin kalian tidak kentut. Coba, kalau
kalian tiba-tiba susah kentut? Pasti masalahnya makin runyam. Kemarin aku baca
di surat kabar,gara-gara tidak bisa kentut dalam seminggu, akhirnya dirawat di
rumah sakit. Makanya, kentut itu anugrah. Jadi wajib dipelihara baik-baik.”
Anak -anak :
“Pprrreeeeetttt.........prut tupruut tuprut
tupruttt........prreetttt......”
Pakde Kempul : “(tertawa)
sudah, sudah. Tidak usah bertengkar. Justru kenakalan wajar kalian itu, hiburan
bagi Pakde. Tanpa kalian, Pakde sepi. Terkadang dikala suntuk godaan untuk
kembali mangkal di jalanan selalu menghantui. Pakde tepis bayangan buruk itu.
Pakde munculkan wajah-wajah kacau kalian. Akhirnya Pakde bisa tidur nyenyak.
29. Berdasarkan dialog
diatas, karakter Pakde Kempul
adalah ...
a. pemarah c.
suka mangkal
b.
humoris d. bijaksana
30. Improvisasi gerakan
yang dapat dilakukan tokoh Kemprut
pada dialognya adalah ...
a. merangkul Janthil c.
menepuk pundak Pakde
b.
menepuk bahu Janthil d.
membuka pintu
. Aris : Tolooooooong ... Ada yang mau jahat kepada saya!
Orang-orang : Mana ... mana orangnya?
Dodi :
Ayo, kita hajar biar kapok?
Budi :
Jangan ... Jangan! Kita tidak boleh main hakim sendiri.
Bukti watak bijaksana Budi dalam kutipan drama tersebut adalah
...
a.
Dia
mau membantu orang yang berbuat jahat
b. Dia memberitahukan orang yang berbuat
jahat
c. Dia
mengingatkan orang-orang untuk tidak main hakim sendiri
d. Dia mengajak orang-orang untuk
menghajar perampok
32. Roni :
Hei ..............................! Sony sudah datang!
Fajar : Mana? Aku tidak melihatnya.
Lengkapi bagian yang rumpang pada
dialog diatas!
a. jangan berisik c. tengok
b. tenang d. lihat
33. Gadis : Aku tidak mengemis nyawa
pada Tuan!
Van Dikk :
Akan kita lihat nanti ...
Ibu :Tidak!
Tidak! Biarkan aku pulang. Demi kemanusiaan. Aku punya anak dua, masih kecil-kecil.
Mereka terkunci. Jika harus mati untuk mereka, aku akan menerima dengan senang
hati.
Tema penggalan drama tersebut adalah
...
a.
Kekejaman
seseorang kepada orang yang lemah
b.
Tanggung jawab seorang ibu terhadap anak-anaknya
yang masih kecil
c. Seorang anak yang mementingkan diri
sendiri
d.
Pemimpin
yang berbuat sewenang-wenag kepada bawahannya
34. Tokoh Shanti : seorang pelajar MTs, berkulit sawo
matang, bermata lebar, berambut lurus sebahu, berbadan langsing, tetapi pendek.
Deskripsi tokoh tersebut menggambarkan
keadaan ...
a.
Psikis c.
Fisik
b.
Sosial d.
Mental
35. Ani : (menghampiri Rani) Mengapa di tempat gelap ini kamu duduk
sendirian?
Rani : Saya
tidak bisa tidur, ingat kepada Ibu dirumah
Ekspresi yang menyertai perkataan
tokoh Rani adalah ...
a. Ratapan c.
Kejengkelan
b.
Kesedihan d.
Kemarahan
36. Novel remaja
menceritakan ...
a.
Liku-liku kehidupan remaja pada umumnya
b. Liku-liku kehidupan manusia pada
umumnya
c. Kehidupan masyarakat secara umum
d. Liku-liku kehidupan nyata sehari-hari
37. Sinopsis novel
berisi ...
a. Sebagian isi novel c. Ringkasan isi novel
b. Watak tokoh dalam novel d. Alur cerita
dalam novel
Kutipan teks drama
berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 38-40!
Dirgo : “Waduh,
kenapa orang ini? Han?”
Rido :
“Jangan banya k tanya dulu. Kita angkat ke tempat teduh.” (Dirgo dan Rido
berusaha mengangkat leleki tua itu, membawanya ke tepi jalan)
Dirgo : “Orang
ini pasti sakit, Han”
Rido : “Ya,
jelas sakit. Sudah jelas begitu masih ngomong ini.”(lelaki itu tiba-tiba
merintih. Dirgo memberikan sebotol air minum yang selalu dibawanya. Lelaki itu
meminumnya)
38. Watak
Rido dalam kutipan drama di atas adalah
...
a. penolong c. pendendam
b. penuh perhatian d.
pemarah
39. Latar
tempat dalam kutipan teks drama tersebut adalah ...
a. rumah
sakit c.
pinggir jalan
b. sekolah d. jembatan
40. Amanat
kutipan drama tersebut di atas adalah
...
a. kita
harus saling memberi antar manusia
b. kita
harus menolong orang yang membutuhkan pertolongan
c. kita
harus bersikap baik terhadap orang lain
d. kita
harus bersikap ramah terhadap orang lain
II Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
41. Buatlah sebuah
laporan perjalanan yang pernah kalian lakukan!
42. Tuliskan
sistematika laporan!
43. Sebutkan sistematika
penulisan surat resmi!
44. Buatlah petunjuk
cara pembuatan nasi goreng!
45. Sebutkan unsur-unsur intrinsik teks drama!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar