Kamis, 09 Agustus 2012

program evaluasi dan remidial bahasa indonesia 7


PROGRAM EVALUASI DAN REMIDIAL
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Nama Sekolah       : MTs Attaqwa Bandar
Kelas/Semester      : VII/1
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
TANGGAL RENCANA PELAKSANAAN
EVALUASI/ ULANGAN
REMIDI/ PENGAYAAN
Aspek : Mendengarkan

1.   Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat

Sabtu,
06 Agustus  2011

Senin,
08 Agustus 2011
1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat
Aspek : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na
Aspek : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai
Sabtu,
17 September 2011
Senin,
19 September 2011
3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit
3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat
Aspek : Menulis
4.  Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar
Aspek : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan


Sabtu,
16 Oktober  2011


Senin,
18 Oktober 2011
5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

Aspek : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

Aspek : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

Sabtu ,
26 Nopember 2011
Senin,
28 Nopember 2011
7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

Aspek : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun
8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar




Mengetahui,
Kepala Madrasah




Kholidin, S.Pd.I

Bandar,      Juli  2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia




S. Supriyatno, S.Pd


PROGRAM EVALUASI DAN REMIDIAL
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012

Nama Sekolah       : MTs Attaqwa Bandar
Kelas/Semester      : VII/2
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
TANGGAL RENCANA PELAKSANAAN
EVALUASI/ ULANGAN
REMIDI/ PENGAYAAN
Aspek : Mendengarkan

9. Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara
9.1 Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara

Sabtu,
4 Februari  2012

Senin,
6 Februari 2012
9.2 Menuliskan dengan sing­kat hal-hal pen­ting yang dikemukakan narasumber dalam wa­wan­cara
Aspek : Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon


10.1 Mencerita-kan tokoh idola de­ngan mengemu-kakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai
10.2  Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
Aspek : Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai

11.1 Mengung-kap­kan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
Sabtu,
24 Maret 2012
Senin,
26 Maret 2012
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
11. 3 Menemukan informasi seca­ra cepat dari tabel/diagram yang dibaca
Aspek : Membaca
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
12.1 Mengubah  teks wawan­cara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi de­ngan menggu­nakan kalimat efektif dan ba­hasa yang san­tun
Aspek : Mendengarkan sastra
13. Memahami pembacaan puisi
13.1 Menang-gapi cara pemba­caan puisi



Sabtu,
21 April 2012



Senin,
23 April 2012
13. 2 Merefleksi isi puisi yang di­bacakan

Aspek : Berbicara sastra
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
14.1 Menangg-api cara pemba­caan cerpen


14.2 Menjelas-kan hu­bungan la­tar suatu cer­pen  de­ngan realitas sosial
Aspek : Berbicara sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
15.1 Membaca in­dah puisi de­ngan meng­gu­nakan ira­ma, volume suara, mimik, kinestik se­suai denga isi puisi


Sabtu ,
19  Mei 2012

Senin,
21 Mei 2012
15.2 Menemukan realitas kehi­dupan anak yang te­ref­lek­si dalam buku cerita anak baik asli mau­pun terje­mah­an
Aspek : Menulis sastra
16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
16.1  Menulis kreatif puisi berkena­an dengan ke­indahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berke­na­an dengan pe­ristiwa yang pernah dialami




Mengetahui,
Kepala Madrasah




Kholidin, S.Pd.I

Bandar,      Januari 2012
Guru Mapel Bahasa Indonesia




S. Supriyatno, S.Pd



PROGRAM EVALUASI DAN REMIDIAL
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Nama Sekolah       : MTs Attaqwa Bandar
Kelas/Semester     : VII/1
Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
TANGGAL RENCANA PELAKSANAAN
EVALUASI/ ULANGAN
REMIDI/ PENGAYAAN
Aspek : Mendengarkan

1.   Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat

Sabtu,
07 Agustus  2010

Rabu,
11 Agustus 2010
1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat
Aspek : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na
Aspek : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai
Sabtu,
18 September 2010
Rabu,
22 September 2010
3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit
3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat
Aspek : Menulis
4.  Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar
Aspek : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan


Sabtu,
16 Oktober  2010


Rabu,
20  Oktober 2010
5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang
Aspek : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat
6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga
Aspek : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca
Sabtu ,
20 Nopember 2010
Rabu,
24 Nopember 2010
7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

Aspek : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun
8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar




Mengetahui,
Kepala Madrasah



Kholidin, S.Pd.I

Bandar,      Juli  2010
Guru Mapel Bahasa Indonesia



S. Supriyatno, S.Pd


PROGRAM EVALUASI DAN REMIDIAL
TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

Nama Sekolah       : MTs Attaqwa Bandar
Kelas/Semester     : VII/2
Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
TANGGAL RENCANA PELAKSANAAN
EVALUASI/ ULANGAN
REMIDI/ PENGAYAAN
Aspek : Mendengarkan

9. Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara
9.1 Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara

Sabtu,
5 Februari  2011

Rabu,
9 Februari 2011
9.2 Menuliskan dengan sing­kat hal-hal pen­ting yang dikemukakan narasumber dalam wa­wan­cara
Aspek : Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon
10.1 Mencerita-kan tokoh idola de­ngan mengemu-kakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai
10.2  Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
Aspek : Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai

11.1 Mengung-kap­kan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
Sabtu,
19 Maret 2011
Rabu,
26 Maret 2011
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
11. 3 Menemukan informasi seca­ra cepat dari tabel/diagram yang dibaca
Aspek : Membaca
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
12.1 Mengubah  teks wawan­cara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi de­ngan menggu­nakan kalimat efektif dan ba­hasa yang san­tun
Aspek : Mendengarkan sastra
13. Memahami pembacaan puisi
13.1 Menang-gapi cara pemba­caan puisi



Sabtu,
16 April 2011



Rabu,
20 April 1
13. 2 Merefleksi isi puisi yang di­bacakan

Aspek : Berbicara sastra
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
14.1 Menangg-api cara pemba­caan cerpen

14.2 Menjelas-kan hu­bungan la­tar suatu cer­pen  de­ngan realitas sosial
Aspek : Berbicara sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
15.1 Membaca in­dah puisi de­ngan meng­gu­nakan ira­ma, volume suara, mimik, kinestik se­suai denga isi puisi

Rabu,
25  Mei 2011

Sabtu,
28 Mei 2011
15.2 Menemukan realitas kehi­dupan anak yang te­ref­lek­si dalam buku cerita anak baik asli mau­pun terje­mah­an
Aspek : Menulis sastra
16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
16.1  Menulis kreatif puisi berkena­an dengan ke­indahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berke­na­an dengan pe­ristiwa yang pernah dialami



Mengetahui,
Kepala Madrasah



Kholidin, S.Pd.I

Bandar,      Januari 2011
Guru Mapel Bahasa Indonesia



S. Supriyatno, S.Pd




PROGRAM EVALUASI DAN REMIDIAL
TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012


Nama Sekolah       : MTs Attaqwa Bandar
Kelas/Semester      : VII/1
Mata Pelajaran       : SKI

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
TANGGAL RENCANA PELAKSANAAN
EVALUASI/ ULANGAN
REMIDI/ PENGAYAAN
1.  Memahami Sejarah Nabi pada periode makkah
1. sejarah nabi pada periode makkah
Kamis,
25 Juli 2011
Kamis,
28 Juli 2011
2. Memahami sejarah kebudayaan islam
2. Sejarah ke budayaan islam
Kamis,
15 September 2011
Kamis,
22 September 2011





Mengetahui,
Kepala Madrasah




Kholidin, S.Pd.I

Bandar,      Juli  2011
Guru Mapel SKI




Dra. Rochis Ernawati


PROGRAM PEMBELAJARAN REMEDIAL

Nama Sekolah             : MTs Attaqwa Bandar
Mata Pelajaran            : SKI
Kelas                           : VII (tujuh) A
Ulangan ke                  : 1
Tanggal Ulangan         : 21 Juli 2011
Bentuk Soal                :  ESSAY
Materi Ulangan (KD/Indikator)          : 1.1. Sejarah Nabi pada periode Makkah
1.    Mencontohkan 2 macam hambatan Nabi dalam
berdakwah..
2.    Menyebutkan 3 faktor yang menyebabkan
kemunduran keburayaan Islam
3.    Menyebutkan isi dakwah Nabi  di bukit shofa yang pertama.
4.    Menuliskan wahyu yang pertama diturunkan kepada Nabi
5.    Menyebutkan Assabiqunal Awwalun

Rencana Remidi          : 28 Juli 2011
KKM Mapel                : 70
No
Nama Siswa
Nilai Ulangan
KD/ indikator yang tidak dikuasai
No Soal yang dikerjakan dalam tes ulang
Hasil
1
Ahmad Fakhrudin
50
3,4
1, 2, 5
70
2
Ahmad Budiyanto
60
4
1, 2, 3, 5
75



Bandar, 28 Juli 2011
Mengetahui,
Kepala Madrasah,                                                                   Guru Mapel




Kholidin, S.Pd.I                                                                      Dra. Rochis Ernawati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

borobudur

borobudur