Minggu, 09 September 2012

Contoh Teks Pidato


Pidato "Peran Serta Generasi Muda dalam pembangunan"

Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Yang Terhormat Bapak dan Ibu juri
Dan Teman-teman yang saya sayangi.
Marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul ditempat ini dan di hari yang cerah ini. Sholawat dan salam kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya sehingga curahan rahmat dan syafaatnya sampai kepada kita selaku pengikutnya yang setia.
Amin yaa robbal alamin
Saya ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “PERAN SERTA GENERASI MUDA DALAM PEMBANGUNAN"”
Sesungguhnya pemuda bukan sekedar bagian dari lapisan sosial dalam masyarakat. Akan tetapi, pemuda merupakan agent of change (agen perubah) dan agent of social control (agen kontrol sosial). Dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia, pemuda selalu menempati peran yang sangat strategis dari setiap peristiwa penting yang terjadi. Bahkan dapat dikatakan bahwa pemuda menjadi tulang punggung dari keutuhan perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang ketika itu. 
Sejarah telah membuktikan, bahwa diberbagai belahan dunia, perubahan sosial politik menempatkan pemuda di garda depan. Peranannya menyeluruh, tak hanya mata air, tapi juga hulu, hilir sampai muara, bahkan pemuda sebagai air atau sumber energi perubahan. Tak tanggung-tanggung pemimpin seperti Bung Karno yaitu Presiden RI Pertama mengungkapkan kata-kata pengobar semangat “ Beri aku sepuluh pemuda, maka akan kuguncangkan dunia, jika ada sembilan pemuda lagi maka Indonesia pasti berubah”. 
Sejak era reformasi bergulir tahun 1998, dimana pemuda juga punya peran luar biasa. Banyak orang kecewa karena reformasi tidak jadi katalisator proses pencerahan kehidupan berbangsa dan bernegara, malah sebaliknya. Sekarang pemuda lebih banyak melakukan peranan sebagai kelompok politik, dan sedikit sekali yang melakukan peranan sebagai kelompok sosial dan intelektual pencerahan dalam peningkatan keilmuan, sehingga kemandirian pemuda saat ini sangat sulit berkembangan dalam mengisi pembangunan bangsa dan negara. 
Saudara generasi muda, 66 tahun sudah kita telah merasakan indahnya kemerdekaan. Untuk mendapatkan itu perlu perjuangan yang sangat berat. Tapi, kata 'KEMERDEKAAN' akan lebih lengkap jika rakyatnya hidup dalam keadilan, kemakmuran serta sejahtera. Setelah itu tugas selanjutnya bagi kita adalah dalam pembangunan fisik maupun nonfisik. Bisa kita katakan fisik itu ialah bangunan gedung, jembatan serta bangunan lainnya yang nampak oleh mata kita. Sebagai generasi muda, maka kitalah yang nanti akan merubah Indonesia menjadi Negara yang lebih maju daripada hari ini. Dan pembangunan nonfisik itu adalah hati dan pikiran kita untuk membangun, dimana hati dan pikiran kita tidak boleh terkontaminasi oleh hal-hal yang buruk, yang dapat meruntuhkan moral ketimuran kita.
Sebagai generasi muda, harapan bangsa yang tidak sedikit jumlahnya, kita sangat diperlukan dalam pembangunan, menuju Indonesia yang lebih maju.
Kita harus tahu hidup adalah perjuangan...... dan perjuangan untuk hidup !
Dengan cara apa kita selaku generasi muda, mengisi kemerdekaan ?
Kita harus menunjukan perilaku yang tidak sombong, rendah hati, rajin belajar, kreatif, suka menolong, tidak merokok, tidak minum alkohol dan tidak menggunakan obat-obatan terlarang, sebab hal itu akan menghancurkan hidup kita. Jika sudah hancur, apa yang dapat kita lakukan untuk negara kita?
Tentu kita bukanlah harapan bangsa lagi..... Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan membangun negara kita ?
Jadi marilah kita semua sadar akan apa yang menjadi tugas dan tanggungjawab kita sebagai generasi muda kita bangun negara kita ke arah yang lebih baik .
Kita semua generasi muda adalah harapan bangsa ...
Akhirnya marilah kita pandang masa depan dengan penuh harapan yang akan membuat berguna dan berarti bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara.
Jayalah negeriku, majulah bangsaku. Kami bangga menjadi anak INDONESIA!
Pakatuan Wo Pakalawiren Cita waya esa ..
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih, akhirul kata, wassalamualaikum wr wb.

1 komentar:

  1. trimakasih sob atas pidatonya, membantu sekali...
    kunjung balik ya...

    BalasHapus

borobudur

borobudur