Formula untuk Simple Present Tense adalah:
1 | Subject + Verb1 + Object + Modifier |
2 | Subject + to be (is/am/are) + Non Verb |
Note: jika subject diikuti oleh adjective atau noun, gunakan to be:
is/am/are. Is digunakan jika subject-nya singular yaitu
he, she, it dan noun yang dapat digantikan dengan subject pronoun he, she atau
it; Am jika subject-nya I; Sedangkan, are jika subject-nya you, they, atau
we. Subject pronoun I, you, they, we, dan noun yang dapat
digantikan dengan I, you, they atau we disebut plural
subject.
Contoh:
- He is a farmer.
- Farmers in Jati Bali grow rice crops twice a year. (Petani-petani di Jati Bali bercocok tanam padi dua kali setahun).
- Some students usually conduct research on vegetative plant propagations. (Beberapa siswa biasanya melakukan penelitian pada perbanyakan tanaman vegetatif).
- Transpiration starts to increase at 8 a.m. (Transpirasi mulai meningkat jam 8 pagi).
Note: Pada contoh 1 dan 2 digunakan plural verb karena subject-nya
plural, sedangkan pada contoh yang ketiga digunakan singular verb [verb1 +
(s atau es)] karena didahului oleh singular subject.
Kapan verb1 ditambahkan huruf s dan kapan ditambahkan huruf es
sehingga menjadi singular verb yang benar? Hampir semua singular verb dibentuk
dengan menambahkan huruf s diakhir verb1 (i.e. Verb1 + s ). Namun, mengingat
jumlah verb sangat banyak, maka yang perlu dipahami/dihafal sekarang adalah
kapan kita harus menambahkan es. Ketentuannya adalah jika verb1 berakhiran dengan
huruf “o, x, ch, y, th, s, dan sh” maka Verb1 + es.
Contoh:
Verb1 | Verb1 + es | Meaning |
go do box watch pinch punch study cry fly try press pass smash brush bath sooth wash | goes does boxes watches pinches punches studies cries flies tries presses passes sm ashes brushes bathes soothes washes | pergi melakukan/mengerjakan bertinju menonton mencubit memukul belajar menangis terbang mencoba menekan, tindis lulus, meloloskan memukul menyikat mandi menenangkan mencuci |
Note:
- Huruf ‘y’ yang didahului oleh konsonan berubah menjadi ‘i’ (Lihat: studies, tries, cries).
- Verb have (mempunyai) berubah secara tidak beraturan menjadi has.
Pertanyaan berikutnya adalah kapan simple present tense digunakan?
Simple present tense digunakan:
1. Untuk menyatakan kejadian-kejadian yang terjadi secara reguler
(regular happening).
Contoh:
- The sun rises in the east and sets in the west. (Matahari terbit di timur dan tenggelam di barat).
- The full moon comes every 30 days. (Purnama datang tiap 30 hari).
- The planet earth takes 365 days to rotate the sun. (Planet bumi butuh 365 hari untuk mengelilingi matahari).
2. untuk menyatakan kebiasan-kebiasaan yang dilakukan oleh subject
kalimat (habitual action); Kebiasaan-kebiasaan
tersebut masih berlangsung sampai sekarang dan (mungkin) akan terus berlanjut
ke masa yang akan datang (future).
Contoh:
- My son always goes to school on foot. (Putra saya selalu pergi ke sekolah dengan berjalan kaki).
- Mr. Bain usually plays badminton every Sunday morning but he did not show up last Sunday. (Mr Bain biasanya main bulutangkis tiap minggu pagi tetapi dia tidak muncul (tidak main) hari Minggu yang lalu).
- Mr. Budi always drives a car to the office. (Mr. Budi selalu mengendarai mobil ke kantor).
3. Untuk menyatakan argumen atau teori yang
sudah diakui kebenarannya.
Contoh:
- The prices of goods always increase when the good availabilities drop in market. (Harga-harga barang selalu naik ketika ketersedianya di pasar menurun).
- Solar radiation is required during photosynthesis. (Radiasi surya dibutuhkan selama proses fotosintesis).
- Twenty-five divided by five is equal to five. (25 dibagi 5 sama dengan 5).
4. Untuk menyatakan/mengekspresikan keadaan
atau kondisi seseorang atau sesuatu pada saat sekarang (pada saat diekspresikan). Verbs untuk
mengekspresikan seseorang atau sesuatu ini terkait dengan proses/keadaan di
dalam otak, terkait dengan perasaan, terkait dengan panca indera, dan
terkait dengan kepemilikan. Verbs seperti ini secara kolektif disebut Stative
Verbs. Verbs ini sering kita gunakan atau dengar dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, perhatikan dan hafalkan verbs dalam tabel berikut!
Terkait dengan proses/keadaan di dalam otak | |
know (tahu) believe (percaya) understand (mengerti/paham) imagine (membayangkan) think (berfikir/mengira/kira) recognize (mengenali) | doubt (meragukan) need (memerlukan/butuh) prefer (lebih suka) mean (berarti) forget (melupakan/lupa) remember (mengingat/ingat) |
Terkait dengan perasaan | |
hate (benci) love (cinta) | like (suka) want (menginginkan/ingin) |
Terkait
dengan panca indera
|
|
hear (mendengar) see (melihat) smell (mencium/tercium) appear (muncul) | sound (terdengar) look (melihat/tampak) seem (tampak) taste (merasakan/terasa) |
Terkait dengan kepemilikan | |
have (mempunyai) own (mempunyai) | possess (mempunyai) belong (milik) |
Note: Stative verbs bersifat pasif dan tidak digunakan dalam
continuous tenses. Tetapi, beberapa stative verbs juga dapat bersifat aktif ,
bermakna sedikit berbeda dengan stative verbs, dan dalam hal ini, dapat
digunakan dalam continuous tenses. Perbedaan penggunaan verbs bersifat pasif
dan aktif ini dibahas secara lebih detail di topik Simple
present tense vs present continous tense.
Contoh:
- I think I know him. (Saya kira/rasa saya tahu dia).
- I understand English better now. (Saya paham bahasa Inggris dengan lebih baik sekarang).
- I love you very much. (Saya sangat mencintai kamu).
- The song sounds good but I cannot catch every single word in it. (Lagu itu terdengar manis tapi saya tidak dapat menangkap satu kata pun dari lagu itu).
- The snack tastes so delicious. (Camilan itu terasa begitu lezat).
- I believe you. (Saya percaya kamu).
- The tragic accident sometimes appears in my mind. (Kecelakaan tragis itu kadang-kadang muncul di benak saya).
- She has two dogs and one cat. (Dia punya dua anjing dan satu kucing), etc.
5. Untuk menyatakan fakta yang ada sekarang. Penekanannya lebih pada adanya
fakta, bukan pada proses
terjadinya fakta.Verb yang sering digunakan di sini antara lain: consist of,
contain, include, exist, cost, be (i.e: is, am, dan are, atau be jika mengikuti
modal auxiliary).
Contoh:
- She weighs more than 100 kg. She is very fat. (Dia beratnya lebih dari 100 kg. Dia sangat gemuk).
- I want to buy these shoes. How much do they cost? (Saya mau beli sepatu ini. Berapa harganya?).
- Cigarettes contain a lot of nicotine and other harmful substances. (Rokok-rokok mengandung banyak nikotin dan zat-zat berbahaya lainnya).
6. Untuk membuat request
(permintaan/minta tolong) dan command (perintah).
Contoh:
- May I borrow your pen, please? (Boleh saya pinjam pulpenmu?).
- Make teams that consist of 5 people each! (Buatlah tim yang masing-masing terdiri dari 5 orang).
Note: Dalam simple present tense, sering digunakan adverb seperti:
always (selalu), often (sering), usually (biasanya), sometimes (kadang-kadang),
seldom (jarang), never (tidak pernah). Adverbs ini biasanya ditempatkan
diantara subject dan verb. Tetapi jika kalimat menggunakan be, adverb
ditempatkan setelah be (Lihat contoh 4). Walaupun disisipi adverb, bentuk verb
tidak berubah. Artinya, jika subject-nya singular (orang ketiga tunggal),
verbnya tetap singular (Lihat contoh 5). Selain adverbs, simple present tense
juga sering disisipi modal auxilliary seperti can (dapat), may (boleh, mungkin),
dan must (harus). (Lihat contoh 6). Dan ingat, gunakan plural verb setelah
modal auxilliary. Singular verb tidak pernah digunakan setelah modal auxiliary
(Lihat contoh 7). Penggunaan modal auxilliary akan dibahas secara khusus pada
posting berikutnya.
Contoh :
- I usually watch Hollywood movies to maintain my English proficiency. (Saya biasanya nonton film-film Hollywood untuk mempertahankan kemampuan bahasa Inggris saya).
- They always arrive on time. (Mereka selalu tiba tepat waktu).
- My children sometimes go to Kuta Beach to practice their English. (Anak-anak saya kadang-kadang pergi ke pantai Kuta untuk melatih bahasa Ingggrisnya).
- He is never late. (Dia tak pernah telat).
- Because he seldom studies hard, he seldom gets good results. (Karena dia jarang belajar keras, dia jarang dapat nilai bagus).
- Can I go now? No, you can’t. You must stay here until we finish doing our homework. (Dapat saya pergi sekarang? Tidak. Kamu harus tetap di sini sampai kita selesai mengerjakan PR kita).
- He must go to see a doctor now. (Dia harus pergi ke dokter sekarang).
Positive, Negative and Interogative Form
Bentuk negatif dari kalimat dalam Simple Present
Tense dibuat dengan menambahkan kata bantu ‘do’ atau ‘does’ (tergantung dari
subject kalimat) dan not, seperti terlihat dalam formula berikut,
+ | Subject + Verb1 + Object + Modifier |
- | Subject + (does/do) + not + Verb1 + Object + Modifier |
? | (does/do) + Subject +Verb1 + Object + Modifier |
Note: a) Jika kalimat positifnya menggunakan singular verb (i.e.
verb1 + s/es), gunakan kata bantu does sebelum not dan jangan lupa untuk
merubah singgular verb tersebut menjadi verb1. Does not dapat disingkat doesn’t
dan do not dapat disingkat don’t. b) Jika kalimat positifnya menggunakan be
(i.e. is, am atau are), kata bantu do atau does tidak diperlukan. Yang perlu
dilakukan di sini hanyalah menyisipkan not setelah be, yang masing-masing
dapat disingkat menjadi isn’t/ aren’t. Kontraksi am + not adalah ain’t, tetapi
jangan gunakan kontraksi ini dalam tulisan/percakapan formal karena sangat
tidak formal.
Contoh:
- The sun does not rise in the west and does not set in the east. (Matahari tidak terbit di barat dan tidak tenggelam di timur).
- The full moon does not come every 15 days. (Purnama tidak datang tiap 15 hari).
- The planet earth does not take 400 days to rotate the sun. (Planet bumi tidak butuh 400 hari untuk mengelilingi matahari).
- My son does not always go to school on foot. (Putraku tidak selalu pergi ke sekolah dengan berjalan kaki).
- Mr. Bain does not always play badminton every Sunday morning. (Mr Bain tidak selalu main bulutangkis tiap minggu pagi).
- Mr. Budi does not always drive a car to the office. (Mr. Budi tidak selalu naik mobil ke kantor).
- I do not believe you. (Saya tidak percaya kamu).
- I do not understand English better now. (Saya tidak memahami bahasa Inggris dengan lebih baik sekarang).
- The song does not sound good but I can catch every single word in it. (Lagu itu tidak terdengar manis tapi saya dapat menangkap setiap kata di lagu itu).
- The snack does not taste good. (Camilan itu tidak terasa lezat).
- I do not love you very much. (Saya tidak sangat cinta kamu).
- I do not always watch Hollywood movies to maintain my English proficiency. (Saya tidak selalu nonton film-film Hollywood untuk mempertahankan kemampuan bahasa Inggrisku).
- My children do not always practice their English every Saturday night. (Anak-anakku tidak selalu melatih bahasa Ingggrisnya setiap sabtu malam).
- He is never late. (Dia tak pernah telat).
- Although he does not always study hard, he always gets good results. (Walaupun dia tidak selalu belajar keras, dia selalu memperoleh nilai bagus).
SIMPLE PRESENT TENSE
Pada bab ini kami
juga memperkenalkan SIMPLE PRESENT TENSE agar anda dapat memproduksi kalimat
sederhana.
Fungsi Simple Present Tense adalah :
1. Menyatakan kebenaran yang bersifat umum (General Truth)
2. Menyatakan kebiasaan (Habits)
3. Menyatakan rutinitas (Routines).
Fungsi Simple Present Tense adalah :
1. Menyatakan kebenaran yang bersifat umum (General Truth)
2. Menyatakan kebiasaan (Habits)
3. Menyatakan rutinitas (Routines).
Contoh:
1. The sun rises in the East.(General Truth) Arti: Matahari terbit di timur.
2. We always come on time.(Habit) Arti: Kami selalu datang tepat waktu.
3. We have lunch at 1 pm (Routine) Arti:Kami makan siang jam 1 siang
1. The sun rises in the East.(General Truth) Arti: Matahari terbit di timur.
2. We always come on time.(Habit) Arti: Kami selalu datang tepat waktu.
3. We have lunch at 1 pm (Routine) Arti:Kami makan siang jam 1 siang
SIMPLE PRESENT TENSE memiliki 2 (dua) bentuk struktur kalimat:
1. NOMINAL yaitu struktur kalimat dengan menggunakan to be.
2. VERBAL yaitu struktur kalimat yang tidak menggunakan to be.
1. NOMINAL yaitu struktur kalimat dengan menggunakan to be.
2. VERBAL yaitu struktur kalimat yang tidak menggunakan to be.
Pada struktur kalmal nominal kita mengunakan auxialiary (Kata Bantu) BE
(am, is, dan are) untuk:
1. Kalimat Nominal Peryataan Positif
2. Kalimat Nominal Pernyataan Negatif
3. Kalimat Nominal Pertanyaan Interogatif Positif
4. Kalimat Nominal Pertanyaan Interogatif Negatif
5. Kalimat Pertanyaan Informatif
1. Kalimat Nominal Peryataan Positif
2. Kalimat Nominal Pernyataan Negatif
3. Kalimat Nominal Pertanyaan Interogatif Positif
4. Kalimat Nominal Pertanyaan Interogatif Negatif
5. Kalimat Pertanyaan Informatif
dengan rumus sebagai berikut:
SUBJECT BE JENIS KATA YANG
MENGIKUTI
ARTI
I (saya) am (tanpa makna) happy (Adjective) Saya bahagia
You (anda) are (adalah) a teacher (Noun) Anda adalah seorang guru
We (kami/kita) are (berada) In the jungle (Adverb of Place) Kita berada di hutan
They (mereka) are (tanpa makna) Smart (Adjective) Mereka pintar
He (dia: Pria) is (adalah) a doctor (Noun) Dia (pria) adalah seorang dokter
She (dia Wanita) Is ( berada) At home (Adverb of Place) Dia (wanita) berada di rumah
It (Dia: benda tunggal bukan orang) Is (diselnggarakan) In the morning (Adv of Time) Dia (Rapat) diselenggarakan di pagi hari.
Students (Jamak) Are ( berada) In the class room (Adverb of Place) Pelajar berada di ruang kelas
A car (singular) Is (tanpa arti) Expensive (Adjective) Sebuah mobil mahal harganya
Water (uncountable) Is (tanpa arti) Important (Adjective) Air penting
I (saya) am (tanpa makna) happy (Adjective) Saya bahagia
You (anda) are (adalah) a teacher (Noun) Anda adalah seorang guru
We (kami/kita) are (berada) In the jungle (Adverb of Place) Kita berada di hutan
They (mereka) are (tanpa makna) Smart (Adjective) Mereka pintar
He (dia: Pria) is (adalah) a doctor (Noun) Dia (pria) adalah seorang dokter
She (dia Wanita) Is ( berada) At home (Adverb of Place) Dia (wanita) berada di rumah
It (Dia: benda tunggal bukan orang) Is (diselnggarakan) In the morning (Adv of Time) Dia (Rapat) diselenggarakan di pagi hari.
Students (Jamak) Are ( berada) In the class room (Adverb of Place) Pelajar berada di ruang kelas
A car (singular) Is (tanpa arti) Expensive (Adjective) Sebuah mobil mahal harganya
Water (uncountable) Is (tanpa arti) Important (Adjective) Air penting
Tabel : Struktur Kalimat Nominal Peryataan Negatif
SUBJECT
BE + NOT KATA YANG MENGIKUTI BENTUK NEGATIF
DISINGKAT
I am not happy I‘m not happy
You Are not a teacher You aren’t a teacher.
We Are not In the jungle We aren’t in the jungle
They are not Smart They aren’t smart
He is not a doctor He isn’t a doctor
She Is not At home She isn’t at home
It Is not In the morning It isn’t in the morning
Students Are not In the class room The students aren’t in the classroom
A car Is not Expensive A car isn’t expensive
Water Is not Important Water is’t important
Tabel : Struktur Kalimat Nominal Nominal Pernyataan Interogatif Positif
BE SUBJECT KATA YANG MENGIKUTI CONTOH
Am I happy ? Am I happy?
Are You a teacher ? Are you a teacher?.
Are We In the jungle ? Are we in the jungle?
Are They Smart ? Are they smart?
is He a doctor ? Is he a doctor?
Is She At home ? Is she at home?
Is It In the morning ? Is it in the morning?
Are Students In the class room ? Are the students in the classroom?
Is A car Expensive ? Is a car expensive?
Is Water Important ? Is water important?
Tabel : Struktur Kalimat Nominal Nominal Pertanyaan Interogatif Negative
BE SUBJECT KATA YANG MENGIKUTI CONTOH
Aren’t I happy ? Aren’t I happy?
Aren’t You a teacher ? Aren’t you a teacher?.
Aren’t We In the jungle ? Aren’t we in the jungle?
Aren’t They Smart ? Aren’t they smart?
Isn’t He a doctor ? Isn’t he a doctor?
Isn’t She At home ? Isn’t she at home?
Isn’t It In the morning ? Isn’t it in the morning?
Aren’t Students In the class room ? Aren’t the students in the classroom?
Isn’t A car Expensive ? Isn’t a car expensive?
Isn’t Water Important ? Isn’t water important?
I am not happy I‘m not happy
You Are not a teacher You aren’t a teacher.
We Are not In the jungle We aren’t in the jungle
They are not Smart They aren’t smart
He is not a doctor He isn’t a doctor
She Is not At home She isn’t at home
It Is not In the morning It isn’t in the morning
Students Are not In the class room The students aren’t in the classroom
A car Is not Expensive A car isn’t expensive
Water Is not Important Water is’t important
Tabel : Struktur Kalimat Nominal Nominal Pernyataan Interogatif Positif
BE SUBJECT KATA YANG MENGIKUTI CONTOH
Am I happy ? Am I happy?
Are You a teacher ? Are you a teacher?.
Are We In the jungle ? Are we in the jungle?
Are They Smart ? Are they smart?
is He a doctor ? Is he a doctor?
Is She At home ? Is she at home?
Is It In the morning ? Is it in the morning?
Are Students In the class room ? Are the students in the classroom?
Is A car Expensive ? Is a car expensive?
Is Water Important ? Is water important?
Tabel : Struktur Kalimat Nominal Nominal Pertanyaan Interogatif Negative
BE SUBJECT KATA YANG MENGIKUTI CONTOH
Aren’t I happy ? Aren’t I happy?
Aren’t You a teacher ? Aren’t you a teacher?.
Aren’t We In the jungle ? Aren’t we in the jungle?
Aren’t They Smart ? Aren’t they smart?
Isn’t He a doctor ? Isn’t he a doctor?
Isn’t She At home ? Isn’t she at home?
Isn’t It In the morning ? Isn’t it in the morning?
Aren’t Students In the class room ? Aren’t the students in the classroom?
Isn’t A car Expensive ? Isn’t a car expensive?
Isn’t Water Important ? Isn’t water important?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar