Minggu, 16 September 2012

Program Evaluasi


PROGRAM EVALUASI DAN REMIDIAL
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

Nama Sekolah       : MTs Attaqwa Bandar
Kelas/Semester      : VII/1
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia

STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
TANGGAL RENCANA PELAKSANAAN
EVALUASI/ ULANGAN
REMIDI/ PENGAYAAN
Aspek : Mendengarkan

1.   Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat

Sabtu,
06 Agustus  2012

Senin,
08 Agustus 2012
1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat
Aspek : Berbicara
2. Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na
Aspek : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1 Menemu-kan makna kata tertentu da­lam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai
Sabtu,
17 September 2012
Senin,
19 September 2012
3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit
3.3  Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat
Aspek : Menulis
4.  Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa
4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar
Aspek : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
5.1 Menemu-kan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan


Sabtu,
16 Oktober  2012


Senin,
18 Oktober 2012
5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang

Aspek : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat

6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga

Aspek : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca

Sabtu ,
26 Nopember 2012
Senin,
28 Nopember 2012
7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca

Aspek : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun
8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar




Mengetahui,
Kepala Madrasah




Kholidin, S.Pd.I

Bandar,      Juli  2012
Guru Mapel Bahasa Indonesia




S. Supriyatno, S.Pd


PROGRAM EVALUASI DAN REMIDIAL
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2013

Nama Sekolah       : MTs Attaqwa Bandar
Kelas/Semester      : VII/2
Mata Pelajaran       : Bahasa Indonesia


STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
TANGGAL RENCANA PELAKSANAAN
EVALUASI/ ULANGAN
REMIDI/ PENGAYAAN
Aspek : Mendengarkan

9. Memahami wacana lisan dalam  kegiatan wawancara
9.1 Menyimpul­kan pikiran, pendapat, dan gagasan seorang to­koh/narasum-ber yang di­sam­paikan da­lam wa­wan­cara

Sabtu,
4 Februari  2013

Senin,
6 Februari 2013
9.2 Menuliskan dengan sing­kat hal-hal pen­ting yang dikemukakan narasumber dalam wa­wan­cara
Aspek : Berbicara
10. Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi cerita dan telepon


10.1 Mencerita-kan tokoh idola de­ngan mengemu-kakan ide­n­titas tokoh, ke­unggulan, dan alasan meng­idolakannya dengan pilihan kata yang se­suai
10.2  Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan bahasa yang santun
Aspek : Membaca
11. Memahami wacana tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai

11.1 Mengung-kap­kan hal-hal yang dapat diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
Sabtu,
24 Maret 2013
Senin,
26 Maret 2013
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang dibaca
11. 3 Menemukan informasi seca­ra cepat dari tabel/diagram yang dibaca
Aspek : Membaca
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam bentuk narasi dan pesan singkat
12.1 Mengubah  teks wawan­cara menjadi narasi dengan memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
12.2 Menulis pesan singkat sesuai dengan isi de­ngan menggu­nakan kalimat efektif dan ba­hasa yang san­tun
Aspek : Mendengarkan sastra
13. Memahami pembacaan puisi
13.1 Menang-gapi cara pemba­caan puisi



Sabtu,
21 April 2013



Senin,
23 April 2013
13. 2 Merefleksi isi puisi yang di­bacakan

Aspek : Berbicara sastra
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan cerpen
14.1 Menangg-api cara pemba­caan cerpen


14.2 Menjelas-kan hu­bungan la­tar suatu cer­pen  de­ngan realitas sosial
Aspek : Berbicara sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan membaca puisi dan buku cerita anak
15.1 Membaca in­dah puisi de­ngan meng­gu­nakan ira­ma, volume suara, mimik, kinestik se­suai denga isi puisi


Sabtu ,
19  Mei 2013

Senin,
21 Mei 2013
15.2 Menemukan realitas kehi­dupan anak yang te­ref­lek­si dalam buku cerita anak baik asli mau­pun terje­mah­an
Aspek : Menulis sastra
16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman melalui kegiatan menulis kreatif puisi
16.1  Menulis kreatif puisi berkena­an dengan ke­indahan alam
16.2 Menulis kreatif puisi berke­na­an dengan pe­ristiwa yang pernah dialami




Mengetahui,
Kepala Madrasah




Kholidin, S.Pd.I

Bandar,      Januari 2013
Guru Mapel Bahasa Indonesia




S. Supriyatno, S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

borobudur

borobudur