PROGRAM EVALUASI DAN REMIDIAL
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Nama Sekolah : MTs Attaqwa Bandar
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
TANGGAL RENCANA PELAKSANAAN
|
|
EVALUASI/ ULANGAN
|
REMIDI/ PENGAYAAN
|
||
Aspek : Mendengarkan
1.
Memahami wacana lisan melalui
kegiatan mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkan isi berita yang dibacakan dalam beberapa
kalimat
|
Sabtu,
06 Agustus 2012
|
Senin,
08 Agustus 2012
|
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
|
|||
Aspek : Berbicara
2. Mengungkapkan
pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan
pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman
yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat
efektif
|
||
2.2 Menyam-paikan pengu-mumam
dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas
dan sederhana
|
|||
Aspek : Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan
berbagai cara membaca
|
3.1 Menemu-kan makna kata
tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang diinginkan
melalui kegiatan membaca memindai
|
Sabtu,
17 September 2012
|
Senin,
19 September 2012
|
3.2 Menyimpulkan isi bacaan
setelah membaca cepat 200 kata per menit
|
|||
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat
upacara dengan intonasi yang tepat
|
|||
Aspek : Menulis
4. Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam
buku harian dan surat pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
|
||
4.2 Menulis surat pribadi
dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
|
|||
4.3 Menulis teks pengumuman
dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
|
|||
Aspek : Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
|
5.1 Menemu-kan hal-hal menarik dari dongeng
yang diperdengar kan
|
Sabtu,
16 Oktober 2012
|
Senin,
18 Oktober 2012
|
5.2
Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan
situasi sekarang
|
|||
Aspek : Berbicara
6. Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui
kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita dengan urutan
yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
|
||
6.2 Bercerita dengan alat peraga
|
|||
Aspek : Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra
dengan membaca
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang
dibaca
|
Sabtu ,
26 Nopember 2012
|
Senin,
28 Nopember 2012
|
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
|
|||
Aspek : Menulis
8. Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan
pengalaman melalui pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan
syarat-syarat pantun
|
||
8.2 Menulis kembali dengan bahasa sendiri dongeng
yang pernah dibaca atau didengar
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Kholidin, S.Pd.I
|
|
Bandar,
Juli 2012
Guru Mapel Bahasa Indonesia
S. Supriyatno, S.Pd
|
PROGRAM EVALUASI DAN REMIDIAL
TAHUN PELAJARAN 2013 / 2013
Nama Sekolah : MTs Attaqwa Bandar
Kelas/Semester : VII/2
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
STANDAR KOMPETENSI
|
KOMPETENSI DASAR
|
TANGGAL RENCANA PELAKSANAAN
|
|
EVALUASI/ ULANGAN
|
REMIDI/ PENGAYAAN
|
||
Aspek : Mendengarkan
9. Memahami wacana lisan dalam kegiatan wawancara
|
9.1 Menyimpulkan pikiran,
pendapat, dan gagasan seorang tokoh/narasum-ber yang disampaikan dalam wawancara
|
Sabtu,
4 Februari 2013
|
Senin,
6 Februari 2013
|
9.2 Menuliskan dengan singkat
hal-hal penting yang dikemukakan narasumber dalam wawancara
|
|||
Aspek : Berbicara
10. Mengungkapkan
pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman melalui kegiatan menanggapi
cerita dan telepon
|
10.1 Mencerita-kan tokoh idola
dengan mengemu-kakan identitas tokoh, keunggulan, dan alasan mengidolakannya
dengan pilihan kata yang sesuai
|
||
10.2 Bertelepon dengan kalimat yang efektif dan
bahasa yang santun
|
|||
Aspek : Membaca
11. Memahami wacana
tulis melalui kegiatan membaca intensif dan membaca memindai
|
11.1 Mengung-kapkan hal-hal yang dapat
diteladani dari buku biografi yang dibaca secara intensif
|
Sabtu,
24 Maret 2013
|
Senin,
26 Maret 2013
|
11.2 Menemukan gagasan utama dalam teks yang
dibaca
|
|||
11. 3 Menemukan informasi secara cepat dari
tabel/diagram yang dibaca
|
|||
Aspek : Membaca
12. Mengungkapkan berbagai informasi dalam
bentuk narasi dan pesan singkat
|
12.1 Mengubah teks wawancara menjadi narasi dengan
memperhatikan cara penulisan kalimat langsung dan tak langsung
|
||
12.2 Menulis pesan singkat
sesuai dengan isi dengan menggunakan kalimat efektif dan bahasa yang santun
|
|||
Aspek : Mendengarkan sastra
13. Memahami pembacaan puisi
|
13.1 Menang-gapi cara pembacaan
puisi
|
Sabtu,
21 April 2013
|
Senin,
23 April 2013
|
13. 2 Merefleksi isi puisi yang
dibacakan
|
|||
Aspek : Berbicara sastra
14. Mengungkapkan tanggapan terhadap pembacaan
cerpen
|
14.1 Menangg-api cara pembacaan cerpen
|
||
14.2 Menjelas-kan hubungan latar suatu cerpen dengan realitas sosial
|
|||
Aspek : Berbicara sastra
15. Memahami wacana sastra melalui kegiatan
membaca puisi dan buku cerita anak
|
15.1 Membaca indah puisi dengan menggunakan
irama, volume suara, mimik, kinestik sesuai denga isi puisi
|
Sabtu ,
19 Mei 2013
|
Senin,
21 Mei 2013
|
15.2 Menemukan realitas kehidupan anak yang terefleksi
dalam buku cerita anak baik asli maupun terjemahan
|
|||
Aspek : Menulis sastra
16. Megungkapkan keindahan alam dan pengalaman
melalui kegiatan menulis kreatif puisi
|
16.1 Menulis kreatif puisi berkenaan dengan keindahan
alam
|
||
16.2 Menulis kreatif puisi
berkenaan dengan peristiwa yang pernah dialami
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
Kholidin, S.Pd.I
|
|
Bandar, Januari
2013
Guru Mapel Bahasa Indonesia
S. Supriyatno, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar